hiki's lifelog

Lulus JLPT N3

Dua hari yang lalu (hari Senin pagi), pengumuman hasil JLPT Juli 2024 akhirnya dirilis.

Hasilnya, saya dinyatakan lulus JLPT N3!

Hasil JLPT N3

Screenshot hasil JLPT N3 saya.

Sebelum pengumuman dirilis, saya cukup percaya diri bisa lulus JLPT N3 dengan total skor di antara 100-120/180. Di bagian vocabulary dan grammar, saya percaya diri bisa dapat skor sekitar 30/60. Saya terbantu sekali di bagian grammar yang ternyata jauh lebih mudah dibandingkan saat mock test. Di bagian reading pun saya juga cukup percaya diri dapat skor di atas 25/60, karena saat tes saya sangat fokus sekali di bagian ini. Listening pun juga demikian. Walaupun agak tak fokus di bagian awal (yang justru merupakan bagian terpenting), saya bisa mengikuti sisanya. Saya yakin bisa dapat 40/60 di bagian ini.

Dan hasil pun keluar. Saya pun lulus dengan total skor yang memenuhi harapan saya. Di bagian vocabulary dan grammar, saya mendapatkan grade A. Lalu di bagian reading, saya mendapatkan skor sedikit lebih banyak daripada yang saya duga. Syukurlah. Sementara di listening, saya mendapatkan skor sesuai dengan target saya. Secara keseluruhan, saya puas dengan hasil yang saya dapat.

Apakah saya akan lanjut ke N2? Tentu saja, namun bukan di tahun ini. Karena N2 lebih rumit dibandingkan N3, saya butuh waktu persiapan yang tidak sedikit, belum lagi motivasi belajar saya yang terkadang naik-turun. Doakan saya agar saya bisa ambil N2 di bulan Juli tahun depan. Amin.

Sekian.

#JLPT #Note